FREE

Minggu, 28 November 2010

Masker buah untuk kulit


Masker wajah merupakan perawatan kulit tertua pada perawatan kecantikan. Selain melembutkan kulit, fungsi masker adalah membuka pori-pori yang tersumbat serta mengenyahkan kotoran pada kulit wajah, baik sisa kosmetik maupun debu akibat polusi. Masker juga dapat mengembalikan kelembaban dan kehalusan kulit. Dengan memakai masker secara teratur (1-2 kali seminggu) akan membuat kulit putih, cerah dan kencang.
Anda dapat membuat sendiri dirumah masker yang akan anda gunakan. Selain bahannya mudah didapat, membuatnya pun tidak sulit.
Salah satu bahan yang dapat Anda gunakan adalah berbagai jenis buah-buahan. Cara membuatnya juga tidak rumit, Anda hanya tinggal memilih jenis buah yang dengan kandungan yang cocok dengan jenis wajah kita, lalu hancurkan buah tersebut dengan cara menumbuknya. Apabila hasil tumbukan kental, tambahkan yoghurt. Bila terlalu encer tambahkan komposisi bahan utama yang digunakan. Oleskan dengan lembut pada wajah dan leher, namun jangan sampai mengenai mata.
Banyak sekali buah-buahan yang dapat digunakan untuk membuat masker alami ini, diantaranya seperti, alpukat, stroberi, almond, lemon, dan anggur.

Masker Wortel
(untuk kulit normal dan cenderung berminyak)

Wortel mengandung vitamin A yang sangat tinggi serta sumber vitamin C dan potassium jika dicampurkan dengan madu yang mengandung fruktosa, glukosa, asam amino, vitamin, dan mineral, maka akan sangat bermanfaat unutk mengurangi minyak berlebih pada wajah dan membuat kulit wajah menjadi segar dan halus.
Cara membuatnya:
  • 2-3 buah wortel yang berukuran cukup besar
  • 4 ½ sendok makan madu
Rebus wortel lalu hancurkan hingga lembut. Campurkan dengan madu. Oleskan pada wajah dan biarkan hingga 10 menit. Bersihkan dengan air dingin.
Masker Apel
(untuk kulit berminyak dan berjerawat)

Cara membuatnya:
  • 1 buah apel berukuran sedang (diparut)
  • 5 sendok makan madu
Campurkan parutan apel dengan madu sebagai masker. Oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 10 menit. Cucui wajah hingga bersih dengan air dingin.
Masker Stroberi
(untuk kulit berminyak)

Stroberi mengandung vitamin C lebih banyak dari pada jeruk. Buah-buahan yang menganudng banyak vitamin C dapat mencegah penyakit kanker.
Cara Membuatnya
  • 8-9 buah stroberi
  • 3 sendok makan madu
Hancurkan stroberi dengan menggunakan garpu, lalu campurkan dengan madu. Jangan gunakan blender untuk menghancurkan stroberi. Saringlah cairan yang dihasilkan dari ctroberi dan madu. Oleskan ke seluruh wajah hingga 10 menit. Cuci bersihwajah dengan air dingin.
Masker Pisang
(untuk kulit kering)

Pisang merupakan sumber vitamin C, vitamin B6, dan potasium. Pisang juga mengadung moisturizer yang dapat melembabkan wajah.
Cara Membuatnya :
  • 2 buah pisang berukuran sedang madu, jika perlu
  • 1 sendok makan oatmeal
  • susu murni (untuk menghaluskan wajah)
Hancurkan pisang dengan garpu. Jangan terlalu halus, sebab akan menghasilkan terlalu banyak air. Campurkan pisang dengan oatmeal. Tambahkan madu dan susu jika mau. Oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 10 menit. Cuci bersih wajah dengan air dingin.
Masker Buah Peach atau Plum
(untuk kulit normal)

Buah peach atau plum mampu mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi sel
yang baru. Kandungan AHA (alpha-hidroxy acid) di dalamnya dapat membantu
melenyapkan kerut-kerut halus, noda hitam akibat sinar matahari, noda akibat
proses penuaan pada wajah, noda bekar jerawat, dan memperkecil pori-pori.
Cara Membuatnya :
  • 1 buah peach atau plum berukuran sedang
  • 1 sendok makan madu
  • sedikit oatmeal
Rebus buah peach hingga lembek. Hancurkan dengan menggunakan garpu dan campurkan dengan madu dan oatmeal hingga mengental. Oleskan ke seluruh wajah selama 10 menit. Cuci bersih wajah dengan air dingin.
Masih banyak lagi berbagai jenis masker buah yang dapat anda buat sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger