FREE

Minggu, 19 Desember 2010

Jins Untuk Segala Usia

Pakaian dari bahan jins, baik untuk celana panjang maupun berbagai model rok, tidak pernah hilang dari pasaran pemakai.

Tampilan dari busana yang terbuat dari bahan yang biasa disebut denim, tampil dalam bentuk yang lebih beragam dan bebas.
Siapapun mengakui, jins tidak akan pernah punah ditelan waktu. Kalaupun berubah hanyalah model dari pakaian itu sendiri. Meski pada awalnya, bahan jins digunakan sebagai pakaian para pekerja di lapangan. Seperti penambang atau para petani.
Di tahun 60-an, jins mulai banyak digunakan kaum muda. Pada masa itu kawula muda yang menggunakan celana jins di- anggap sebagai para pemberontak. Di Indonesia, jins telah lama dikenakan oleh berbagai kalangan untuk berbagai kesempatan yang berbeda. Bahkan banyak orang yang menganggap jins sangat indentik dengan gaya pakaian sehari-hari.
Kini di acara-acara setengah formal pun celana jins dapat digunakan. Tentu saja dipadankan dengan stelan blazer atau blus yang sesuai. Bahkan para selebritis dunia menggunakan jaket jins dipadukan dengan rok mini tanpa lengan. Tentu saja jins yang digunakan merupakan jins dengan merek yang sudah mendunia. Sebenarnya menggunakan jins pun dapat pula memberi kesan berwibawa, asal kita pandai memadukannya.
Tidak banyak perancang Indonesia yang menggunakan bahan jins untuk rancangannya. Sebut saja, misalnya, Irsan, perancang muda yang menetap di Bali. Ia sudah menggunakan bahan jins sejak tahun 1991. Demikian pula Etty Bacheta. Kedua perancang itu membuat gaun-gaun dari bahan ini dengan variasi bahan lainnya. Misalnya, Irsan menggabungkan dengan bahan rajut. Bahkan almarhum Kim Thong, membuat gaun pengantin dari bahan jins.
Tidak ketinggalan perancang yang kondang dengan spesifikasi bordirnya, Ramli pun sempat membuat rancangan khususnya busana kasualnya. Sudah tentu tidak melupakan ciri khasnya dengan variasi bordir bunganya.
Karena itu layaklah jika pakaian dari bahan jins memang layak dikatakan sebagai busana untuk segala usia dan segala masa. Anak-anak kecil, bahkan belum berusia setahun pun sudah menggunakan pakaian dari bahan jins. Tentu saja dipilih dari bahan jins yang paling lembut.


Sumber : Suara Karya

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger